search

Minggu, 11 Mei 2014

10 Cara Mengatasi Laptop atau Komputer yang Lambat


Komputer/Laptop mulai terasa melambat seiring pertambahan usia PC dan tentunya perawatan secara berkala sangat diperlukan untuk menjaga kestabilan PC dan laptop. Langkah awal untuk mengatasi komputer/laptop lambat atau lemot ialah dengan melakukan beberapa pembersihan data yang tidak terpakai serta melakukan beberapa tune-up ringan agar lebih optimal. Berikut ini 10 Cara Mengatasi Laptop/Komputer yang Lambat ggar bekerja maksimal lagi:

10. Lakukan defragmentation secara teratur
Defragmentation adalah sebuah proses untuk "menata" semua file yang tersimpan dalam hard drive laptop anda. Untuk melakukan defragmentation cukup mudah, klik Start Button > Accessories > System Tool > Disk Defragmenter. Perlu diingat, lakukan defragmentation setidaknya sebulan sekali. Jika komputer anda lama tidak di defrag, maka proses satu kali defrag bisa berjalan sangat lama, antara 5-10 jam. Namun jika anda melakukannya dengan teratur, proses defrag hanya memerlukan setidaknya satu jam.

9. Menyesuaikan Penampilan dan Kinerja pada Windows
Transparansi Efek, Desktop dll Animasi membebani kinerja komputer kita. Mengurangi Efek Visual pada windows akan mempercepat kinerja komputer kita. Caranya: Klik (Start menu) klik (Control Panel) klik (Sesuaikan Penampilan dan Kinerja Windows) maka kita pilih (Best Performance) untuk mempercepat komputer kita.

8. Uninstall program yang tidak diperlukan
Salah satu penyebab paling umum laptop anda menjadi lemot adalah terlalu banyak program yang tidak diinginkan yang ter-install atau tidak sengaja terinstall di dalam laptop anda. Cara untuk mengatasinya cukup mudah, pergi ke Control Panel > Program and Features dan lihatlah berbagai daftar program di sana. Tentukan program apa saja yang tidak lagi anda butuhkan (terutama yang berukuran besar), lalu klik tombol uninstall.

7. Install Ulang Windows
Virus, malware dan spyware merupakan paket komplit dalam menghancurkan sistem kerja komputer. Solusi yang paling ampuh ialah menginstall ulang windows. Jika Anda pengguna Windows 8, Anda dapat menggunakan tools seperti Refresh PC dan Recovery. Untuk opsi kedua ialah dengan menggunakan virus cleaner seperti Antivirus Avira, dll.

6. Update driver laptop
Mengupdate driver-driver laptop anda (terutama graphics card atau VGA) secara signifikan bisa membuat laptop lebih cepat dan tidak lemot ketika digunakan untuk menjalankan program-program berat maupun game. Biasanya, update pada driver laptop dilakukan secara otomatis apabila anda memiliki koneksi langsung ke internet.

5. Mengurangi program yang dijalankan pada Start Up
Untuk mempercepat komputer Anda harus mengurangi program yang berjalan pada "Start Up / program yang berjalan setelah komputer dihidupkan pertama" komputer kita, lakukan ini: Tekan tombol (Windows + R) dan menulis "msconfig" dan kemudian pada tag "StartUp" kita hapus centang program yang menurut Anda tidak perlu.

4. Sirkulasikan udara 
Solusi untuk komputer/laptop yang kepanasan atau overheat ialah memastikan sirkulasi udara yang masuk kedalam CPU. VGA, Hardisk, dan Prosessor sangat berpengaruh jika terlalu overheat. Karena bisa memungkinkan peforma yang menurun. Untuk itu, kebersihan dalam CPU juga harus dijaga. Selalu pastikan sirkulasi udara dengan baik. Tambahannya, gunakan kipas atau fan untuk Laptop.

3. Install program untuk menjaga dan mempercepat performa laptop
Saat ini, ada banyak program gratis yang bisa anda download untuk mengatasi laptop yang lemot dan mempercepat kinerja laptop anda secara maksimal. Salah satu program terbaik ini bernama "CCleaner", yang akan membantu anda membersihkan file-file yang tidak perlu seperti Cookies dan Temporary Files hanya dengan menekan satu tombol.

2. Bersihkan Temporary file
Temporary file atau file sementara yang berlokasi biasanya di C:\Windows\Temp adalah file yang tidak penting biasanya. Jadi sebaiknya di hapus. Solusi cara cepat membesihkannya yaitu dengan cara ketik tombol 'Windows' + 'R'. Lalu ketik, 'cleanmgr'. Setelah muncul jendela baru, klik dan pilih 'Local Drive' yang akan dibersihkan.

1. Beli tambahan RAM
Jika banyak software yang terinstall pada komputer/laptop Anda dapat memungkinkan peforma yang melambat. Ini dikarenakan komputer membutuhkan memory tambahan. Seperti : memory RAM, dan VGA. Solusi pertama ialah membeli tambahan RAM dan membutuhkan biaya yang besar dan solusi kedua agar tidak melakukan upgrade besar-besaran ialah, membuang program-program yang tidak penting. Seperti, game, dan program yang terhubung internet lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar