search

Minggu, 11 Mei 2014

5 Cara Untuk Bangkit Dari Kegagalan


Kegagalan adalah bagian dari kehidupan. Tak hanya menunjukkan bahwa Anda sedang bergerak dan melakukan sesuatu, kegagalan juga menunjukkan bahwa Anda sedang berusaha keras untuk mewujudkan sesuatu, meskipun ternyata usaha tersebut belum cukup.

Namun, Anda harus tahu, membayangkan hidup tanpa menghadapi kegagalan hanya membuat Anda semakin terpuruk dan tak pernah belajar. Berikut ini adalah lima cara untuk bangkit dan kembali kuat, setelah kegagalan.

1. Tetaplah tersenyum

Kegagalan yang Anda alami, bukanlah sebuah bencana. Jadi, jangan lupa untuk tetap tersenyum. Tidak peduli apa yang sedang/akan Anda alami, percayalah bahwa itu akan berakhir. Hidup tidak pernah sama selamanya. Jadi, berhentilah cemas sepanjang waktu.

Menertawakan kegagalan dan kesalahan Anda sendiri adalah satu hal baik yang dapat dilakukan. Hal ini dapat memberi Anda dorongan besar untuk maju dan meninggalkan kegagalan di belakang Anda.

2. Percaya pada diri Anda sendiri

Ingatlah bahwa Anda sudah cukup baik. Jangan pernah memandang rendah diri Anda sendiri. Jika Anda berhenti mempercayai diri Anda, maka orang lain pun tidak akan mempercayai Anda. 

3. Renungkan kegagalan

Meski betapa inginnya Anda untuk menghapus kegagalan dari memori Anda, tetapi cobalah untuk merenung sejenak dan berpikir tentang itu. Hal itu dapat membantu Anda belajar dan menemukan jalan keluar untuk memperbaiki diri pada kesempatan lain.

Selain itu, Anda juga dapat memperhitungkan risiko yang telah dilakukan. Setelah Anda menyadari bahwa Anda tak kehilangan terlalu banyak dalam hal proses, secara tak langsung, beban Anda pun akan berkurang.

4. Fokuslah pada target   

Sebelum tergesa-gesa beralih pada hal lain, luangkanlah waktu dan rencanakan segalanya. Penting untuk mengetahui tujuan dan target Anda, sehingga Anda tidak bertele-tele dan membuang banyak waktu.

Lakukan identifikasi pada tujuan Anda sebenarnya, lalu persiapkan diri untuk mengeksekusi. Seseorang tanpa tujuan yang jelas cenderung dekat dengan kegagalan, cepat atau lambat.

5. Carilah dukungan

Tak peduli berapa kali Anda gagal, akan selalu ada orang-orang yang mendukung dan mendorong Anda. Memiliki dukungan selama masa sulit, baik itu dalam bentuk keluarga, teman, atau pasangan, selalu memberi Anda kekuatan untuk bangkit kembali dari situasi apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar